Angin puting beliung rusak 307 rumah di Makassar

Posted by chemistlink

Makassar - Sebanyak 307 rumah di Makassar rusak akibat diterjang angin puting beliung yang disertai hujan deras. Kerusakan terbanyak ada di Kecamatan Tallo dan Biringkanaya.

Puting beliung terjadi Senin (17/1/2011). 160 Rumah rusak di Tallo dan 96 rumah rusak di Biringkanaya, sisanya di sejumlah tempat lain. Kerusakan rumah dominan di bagian atap, karena banyak rumah warga beratapkan seng.

Selain peristiwa angin puting beliung, 9 rumah warga juga rusak akibat ditimpa pohon tumbang yang terkena angin. Kerusakan terparah di Jalan Sunu, Makassar. Sebuah pohon Asam Jawa menimpa 4 rumah warga saat angin kencang terjadi pada pukul 18.30 Wita, Minggu malam kemarin (16/1/2011). Irsan, pemilik rumah yang ditemui detikcom menuturkan pohon tumbang seusai maghrib dan mengagetkan warga Jalan Sunu.

Koordinator Penanggulangan Bencana Makassar, Hakim Syahrani saat dihubungi detikcom menyebutkan pihaknya menetapkan status 'Siaga Satu' untuk bencana akibat cuaca buruk. Saat ini timnya telah membangun posko-posko di sekitar lokasi bencana dan memberi bantuan pada korban yang terkena musibah.

"Kami sudah memberi bantuan berupa seng dan kayu bagi pemilik rumah yang tertimpa musibah, PMI juga sudah siaga di titik lokasi bencana," pungkas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Makassar ini.

Hakim menambahkan, posko induk penanggulangan bencana dipusatkan di kantor Dinas Pemadam Kebakaran Makassar di Jalan DR Ratulangi, Makassar. Langkah antisipasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar, lanjut Hakim, dengan memangkas pohon-pohon besar di tepi jalan yang rawan tumbang.
(http://www.detiknews.com/read/2011/01/17/154028/1548459/10/angin-puting-beliung-rusak-307-rumah-di-makassar?9911032)

0 comments:

Post a Comment