Lahar dingin rendam desa sirahan

Posted by chemistlink

Banjir lahar dingin telah berhasil melumpuhkan banyak tempat, seperti yang terjadi di desa Sirahan, Kecamatan Salam, Magelang. Desa tersebut tak luput dari terjangan banjir lahar dingin Merapi.
Akibat banjir lahar dingin, sebanyak ribuan orang warganya harus diungsikan. Titik pengungsian yang dipilih adalah yang berada di Kecamatan Muntilan yaitu di Balai Desa Sriwedari dan Tempat Pengungsian Akhir (TPA) Tanjung.
Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Urusan Kesejahteraan (Kaur Kesra) Desa Sirahan, Kecamatan Salam Muhammad Rochim (40) Senin(10/01/2011) di sekitar Desa Sirahan, Kecamatan Ngluwar, Magelang.
“Sebanyak 1033 KK dari tujuh dusun 90 persen dipastikan rumahnya rusak berat. Rumah yang hanyut saat ini yang diketahui ada tujuh dan masih bisa bertambah jumlahnya. Aparat desa saat ini mulai melakukan pendataan,”tegas Muhammad Rochim.
Rochim menyatakan kondisi rumah-rumah ada yang terendam material banjir lahar dingin dan ada yang sampai saat ini diterjang luapan banjir lahar dingin dengan rata-rata ketinggian mencapai 2 meter lebih.
“Mencapai di bawah genteng persis dan sulit untuk menyelamatkan beberapa barang-barang serta harta benda penduduk. Sebab banjir datang menjelang malam hari dan secara tiba-tiba,” tegas Muhammad Rochim.
Sejak semalam, warga langsung melarikan diri ke masjid desa setempat yang berisi anak-anak dan manula. Namun, masjidpun ikut diterjang banjir lahar dingin dan akhirnya diungsikan ke dua kantong pengungsian di Kecamatan Muntilan yang jaraknya 2 kilometer dari Desa Sirahan, Kecamatan Salam.


(http://beritaterbaru.net/lahar-dingin-merapi-rendam-desa-sirahan.php)

0 comments:

Post a Comment